Minggu, 26 Desember 2010

TOPOLOGI RING

   topologi ring berbeda dengan topologi mesh/start karena topologi ini berbentuk menyerupai cincin ,maka sinyak yang akan bergerak satu arah dari perangkat satu ke perangkat lainnya. semisalkan ingin mencapai perangkat ke-4 maka harus melewati perangkat 1,2 dan 3.

topologi ring mempunyai kelebihan karena dalam proses instalasi dan rekonfigurasi ,topologi ring dapat dikatakan relatip mudah karena setiap perangkat ( baik  secara logik ataupun secara fisik ) terhubung satu dan hanya satu dengan perangkat di sebelahnya. serta mengidentifikasi juga cukup relatif mudah karena sinyal data bergerak terus dari perangkat pengirim sampai perngkat tujuan. sehingga jika di proses tersebut ada satu perangkat yang tidak mennerima sinyal data dalam periode tertentu maka operator jaringan akan di ingatkan dengan munculnya alarm yang menginformasikan masalah dan letak lokasinya.
  
tetapi  topologi ini juga mempunyai kelemahan , yaitu  dikarenakan sinyal data bergerak searah dan melalui perngkat lainnya untuk smpai ke perangakat tujuan, maka jika terjadi kerusakan pada satu link akan mempengaruhi link lainnya.


TOPOLOGI START

     topologi ini berbeda dengan topologi mesh , perangkat topolo logi start tidak langsung terhubung satu sama lain tetapi melalui perangkat pusat pengendali ( central controller ),

topologi start  mempunyai kelebihan selain topologi ini terhitung hemat karena kabel yang di perlukan hanya sebanyak komputer yang di gunakan dan port I/O juga cukup hanya satu di setiap komputer, kelebihan lainnya yaitu ,topologi star memiliki sifat robustnes . yaitu jika terjadi suatu kerusakan pada satu link ,maka hanya berakibat pada komputer yang berada pada jalur link itu saja. dan komputer lainnya tetap aktif , selama HUB tidak bermasalah. dengan sifat ini kerusakan link akan segera di ketahui dan diisolir.

sedangkan kelemahannya , dikarenakan topologi start sangat bergantung pada HUB sebagai pengendali utama, maka HUB harus selalu dalam keadaan baik, jika terjadi masalah pada HUB maka akan mengakibatkan lumpuhnya seluruh link dalam jaringan dan mengakibatkan komputer tidak dapat saling berkomunikasi.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar